Merdeka.com – Proyek pembangunan jalan Tol Trans-Sumatera STA 74 ruas Pekanbaru-Dumai 4B memakan korban jiwa. Salah satu pekerja proyek tersebut tewas setelah tertimpa crane yang tengah dirakitnya. Korban adalah Apriyanto Manik.

Loading...

Apriyanto merupakan karyawan PT. Grant Surya Pondasi Subcon PT HKI. Dia tewas tertimpa crane pada Senin (10/2) sekitar pukul 17.00 Wib tepatnya di proyek yang tengah dikerjakan di kawasan Desa Pinggir, kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Loading...

“Iya benar. Korban meninggal dunia, dia merupakan karyawan bagian pemancang crane,” ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Kamis (13/2).

Loading...

Sunarto menyebutkan, kejadian itu baru dilaporkan pada Rabu (12/2) kemarin. Padahal, peristiwa itu terjadi pada Senin 10 Febuari 2020 sekira pukul 17.00 WIB.

“Pihak PT Grant Surya Pondasi memobilisasi alat crane dari Pekanbaru-Dumai (pekdum) 1 menuju lokasi pekerjaan di Pekdum 4B,” terangnya.

Setibanya di lokasi, pihak PT Grant Surya Pondasi merakit atau instal alat crane sehingga tidak diselenggarakan bersama oleh pihak PT HKI, vendor, konsultan dan pemilik pekerjaan untuk menilai kelayakan alat crane yang akan bekerja tersebut namun. Jadi, belum dilakukan inspeksi.

“Namun, alat tersebut telah dirakit oleh korban. Saat korban bekerja merakit, tiba-tiba alat crane terjatuh dari atas menimpa korban hingga meninggal dunia,” jelasnya.

Dalam video yang diterima merdeka.com, tubuh dan kaki serta tangan korban terhimpit besi crane. Selanjutnya pihak PT Grant Surya Pondasi melakukan evakuasi korban.

“Mereka juga mengangkat alat crane yang menimpa korban dan membawanya dengan menggunakan mobil ambulance ke Onan Runggu Samosir untuk diserahkan kepada keluarganya dan dikebumikan di kampung halamannya,” jelasnya. [rnd]

 

Selain itu, dari berita di atas, Berdasarkan penelurusan team SuaraPku mengenai BPJS Tenaga Kerja.
Jika yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Tenaga kerja,

Maka keluarga yang di tinggalkan berhak untuk mendapatkan santunan sesuai dengan
Besaran yang sudah di tentukan

Mengenai rinciannya, team SuaraPku melihat di website BPJS Tenaga kerja seperti berikut ini

mengenai detailnya, bisa di lihat langsung pada link ini

 

Mudah-mudahan, keluarga yang di tinggalkan di beri kesabaran dan ketabahan mengenai musibah yang menimpa
kita sama-sama berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi.
🙁