Dilansir dari http://pilkada.liputan6.com – Pilkada yang akan di gelar secara serentak di tahun 2018 ternyata memiliki beragam keunikan. Di Kota Pekanbaru Sendiri, KPUD Riau menyiapkan Sebuah pelaminan Bak Pelaminan Pernikahan untuk pasangan calon gubernur dan Calon wagub yang akan mendaftar.

Loading...

Tidak hanya itu saja, proses penyerahan berkas juga dibuat unik layaknya ijab kabul. Pasangan dari Bapak Syamsuar-Edy Nasution merupakan cagub dan cawagub yang duduk pertama kali di pelaminan KPU Riau, pada Senin 8-Jan-2018.Pasangan cagub-cawagub ini menyerahkan berkas pendaftaran, mereka diminta untuk duduk di pelaminan, layaknya pasangan pengantin.

Pasangan Syamsuar dan Edi Natar Nasution ini sendiri diusung oleh koalisi tiga partai yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) (7 kursi), Nasional Demokrat (NASDEM) (5 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (3 kursi).

Pendaftaran pada hari terakhir, pasangan dari Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno juga mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sebagai salah satu peserta cagub dan cawagub Riau tahun 2018, Rabu (10/1). Keduanya diusung dan didukung 3 partai, yakni Golkar, PDIP dan Hanura.

Saat proses pendaftaran ke KPU Riau , kedua calon cagub dan cawagub terlebih dahulu dengan pembacaan akad pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur seperti yang telah terlebih dahulu dilakukan paslon lain di hari sebelumnya.

Nurhamin sebagi Ketua KPU Riau menerima dokumen pendaftaran berupa persyaratan dan lainnya untuk dilakukan pemeriksaan seluruh kelengkapan persyaratan. Dan “Alhamdulillah, KPU menyatakan dokumen yang kami antarkan sudah lengkap,” ujar Arsyadjuliandi Rahman.

Arsyadjuliandi Rachman sebagai petahana didampingi Suyatno yaitu (Bupati Rokan Hilir), kedua nya mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari semua partai yang telah mendukung nya.

Bagi semua dokuement perlengkapan yang sudah di terima dan di nyatakan lengkap, tinggal menunggu selanjutnya pada 12 Februari 2018 untuk penetapan pasangan calon. Dilanjutkan pada 13 Februari 2018 , akan dilakukan pengundian nomor bagi masing-masing paslon,” kata Nurhamin (Ketua KPU Riau).

Paslon Lukman Edy-Hardianto merupakan paslon cagub dan cawagub di Pilgub Riau yang terakhir mendaftar ke KPUD riau. Sebelumnya, yang telah mendaftar dan dinyatakan dokument lengkap adalah paslon Syamsuar-Brigjen Edy Nasution (PAN, NasDem, PKS), paslon Firdaus-Rusli Effendi (Demokrat-PPP), serta paslon Andi Rachman-Suyatno (Golkar, PDI Perjuangan, dan Hanura). Paslon Lukman Edy-Hardianto diusung dari partai PKB dan partai Gerindra. Pasangan ini memiliki Jargon ‘Zaman now’, yg mana menunjukkan paslon ini sebagai paslon termuda dari paslin lainnya di pilgub riau tahun 2018.

Sekadar informasi , anggota DPRD Riau periode tahun 2014-2019 sejumlah 65 kursi. Ini Terdiri dari Partai Golkar 14 kursi, PDI Perjuangan 9 kursi, Partai Demokrat 9 kursi, PAN 7 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, PKB 6 kursi, partai NasDem 3 kursi, PKS 3 kursi, dan partai Hanura 2 kursi.